Sabtu, 28 Mei 2016

Pemrograman pada Game Agar.io

Pada postingan sebelumnya saya membahas dan menganalisis tentang game agar.io yang bisa kita akses langsung dari website-nya yaitu www.agar.io. Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan tentang bahasa pemrograman apa yang digunakan untuk membuat game agar.io ini?

Game agar.io ini merupakan suatu game online yang dimainkan dalam suatu jaringan, sehingga kita sebagai pemain dapat terhubung dengan pemain yang lain yang juga sedang online pada game tersebut tanpa harus berdekatan dengan pemain satu sama lain. Atau kita juga dapat bermain bersama computer sebagai musuh.
Game agar.io dapat dibuat menggunakan software blender. Software ini memungkinkan kita untuk memodelling suatu objek seperti yang kita inginkan, ataupun membuat animasi dari suatu objek dan juga game. Pembuatan game di dalam blender menggunakan suatu modul yang bernama blender game engine. Blender game engine ini sebenarnya adalah perangkat yang dibangun dalam bahasa python sehingga game dapat dikembangkan tanpa harus melalui proses scripting atau coding. Game maker hanya akan menuangkan logika – logika mereka dengan dibantu tool-to0l dari blender.
Komponen utama dari blender game engine yaitu sebuah kerangka kerja yang disebut ‘logic brick’. Logic brick ini berisi 3 komponen utama, yaitu sensor, controller dan actuator. Sensor disini berfungsi untuk menerima masukkan dari user seperti keyboard, mouse dll. Sedangkan actuator ini yang menghasilkan keluaran / output dari sensor. Dan controller berfungsi mengontrol masukkan dari sensor untuk dikirim ke actuator. Controller ini berisi operasi logika seperti halnya dalam proses scripting program seperti ‘or’, ‘and’, ‘nand’, dsb. Oleh sebab itu bisa dikatakan aplikasi blender ini mempermudah developer membangun game tanpa harus melakukan coding. 
Mungkin kekurangan dari software blender ini, tidak mendukung game berbasis online karena tidak ada komponen untuk membuat game ini untuk dijadikan teknologi website. Oleh sebab itu, developer yang mengembangkan game agar.io menggunakan software berbasis java ataupun menggunakan bahasa pemrograman php untuk mengembangkan game ini. Game agar.io juga menggunakan suatu web server untuk menampung pemain-pemain yang bermain game agar.io. Dan bahasa pemrograman java maupun php ataupun bahasa pemrograman yang mendukung pengembangan web dapat digunakan untuk membuat game ini menjadi online
Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar