Jumat, 30 September 2016

PT Traveloka Indonesia

Seputar Perusahaan Traveloka
Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta. Perusahaan didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert. Ide ini muncul disaat Ferry Unardi sering mengalami kesulitan dalam pemesanan pesawat, terutama disaat dia ingin pulang ke Padang, Indonesia, dari Amerika Serikat. Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat di mana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Pada bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.

Identitas Perusahaan
Nama Perusahaan           : PT Traveloka Indonesia
Tipe Perusahaan              : PT (Perseroan Terbatas)
Berkedudukan di             : Wisma 77 Tower 1, 7th floor, Jl. S. Parman Kav. 77,  Jakarta 11410
                                                  Indonesia
Situs Resmi                      : Traveloka.com
No. Telpon                        : 0804-1500-308
E - Mail                             : cs@traveloka.com


Bidang Usaha PT Traveloka Indonesia
PT Traveloka Indonesia melakukan kegiatan di bidang reservasi tiket pesawat dan kamar hotel, yang meliputi pencarian tiket pesawat berdasarkan rute tertentu dan kamar hotel di suatu daerah hingga proses pembayarannya melalui berbagai bank ataupun merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan traveloka.

Tujuan Perusahaan
PT Traveloka Indonesia memiliki tujuan untuk memudahkan para traveler yang mencari hingga melakukan reservasi tiket pesawat dengan memberikan tawaran harga yang sama dari harga yang ditawarkan di website maskapai penerbangan tersebut tanpa ada biaya tambahan dan juga pencarian hingga reservasi kamar hotel

Visi Perusahaan
Memajukan Indonesia secara nyata melalui teknologi

Misi Perusahaan
Menjadikan travelling lebih mudah, cepat dan menyenangkan melalui teknologi.

Perkiraan Omset Perusahaan
Menurut Ferry Unardi, CEO dari Perusahaan Traveloka, ketika diwawancarai pada tahun 2014 bahwa Pertumbuhan bisnis Traveloka di semester I-2014 cukup stabil dan kami dapat melampaui target pertumbuhan 15% yang kami tetapkan di awal 2014
Menurut dia, Traveloka.com memulai penjualan tiket pesawat di April 2013 dan saat ini melayani rata-rata 250.000 kunjungan per hari. Bila dibandingkan dengan penjualan tiket di kuartal kedua (April-Juni) 2013, jumlah penjualan tiket di kuartal kedua 2014 melonjak sebesar 544%.
Walaupun dari pernyataan di atas tidak secara spesifik disebutkan besaran raupan uang yang dihasilkan, tetapi kita mengetahui bahwa perusahaan traveloka mendapatkan keuntungan yang signifikan setiap tahunnya.

Peranan TI di Traveloka
TI merupakan kunci dari traveloka karena proses bisnis utama dari traveloka adalah pencarian dan reservasi tiket pesawat yang dilakukan secara online melalui website traveloka.com. Seiring berkembang dan meningkatnya penggunaan smartphone traveloka mulai meluncurkan aplikasi mobilenya baik di Android maupun iOS sehingga memudahkan para pengguna smartphone tanpa harus membuka browser dan mengakses website traveloka untuk melakukan transaksi.
Kehadiran traveloka sendiri turut merubah kebiasaan dari orang Indonesia dalam melakukan pembelian tiket pesawat yang dulunya membeli di travel agent dan juga pemesanan kamar hotel yang dulunya harus menelpon hotel untuk mengecek kamar hingga melakukan pemesanan, sekarang dapat melakukan pembelian tiket dan melakukan reservasi kamar hotel secara mandiri dimanapun dan kapanpun.
Tanpa adanya TI maka proses bisnis dari traveloka sendiri tidak akan berjalan karena semuanya bergantung dari transaksi yang terjadi secara online dengan memanfaatkan TI.

0 komentar:

Posting Komentar