Seputar Perusahaan Traveloka
Traveloka adalah perusahaan yang
menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan
fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di
Jakarta. Perusahaan didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto
Kusuma, dan Albert. Ide ini muncul disaat Ferry Unardi sering mengalami
kesulitan dalam pemesanan pesawat, terutama disaat dia ingin pulang ke Padang,
Indonesia, dari Amerika Serikat. Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi
sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai
situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs
reservasi tiket pesawat di mana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs
resminya. Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan
segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Pada bulan Juli 2014, jasa
pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.
Identitas Perusahaan
Nama Perusahaan : PT Traveloka Indonesia
Tipe Perusahaan : PT (Perseroan Terbatas)
Berkedudukan di : Wisma 77 Tower 1, 7th floor, Jl.
S. Parman Kav. 77, Jakarta 11410
Indonesia
Situs
Resmi : Traveloka.com
No.
Telpon : 0804-1500-308
E -
Mail : cs@traveloka.com
Bidang Usaha PT Traveloka Indonesia
PT Traveloka Indonesia melakukan
kegiatan di bidang reservasi tiket pesawat dan kamar hotel, yang meliputi
pencarian tiket pesawat berdasarkan rute tertentu dan kamar hotel di suatu
daerah hingga proses pembayarannya melalui berbagai bank ataupun
merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan traveloka.
Tujuan Perusahaan
PT Traveloka Indonesia memiliki
tujuan untuk memudahkan para traveler yang mencari hingga melakukan reservasi
tiket pesawat dengan memberikan tawaran harga yang sama dari harga yang
ditawarkan di website maskapai penerbangan tersebut tanpa ada biaya tambahan
dan juga pencarian hingga reservasi kamar hotel
Visi Perusahaan
Memajukan Indonesia secara nyata
melalui teknologi
Misi Perusahaan
Menjadikan travelling lebih
mudah, cepat dan menyenangkan melalui teknologi.
Perkiraan Omset Perusahaan
Menurut Ferry Unardi, CEO dari
Perusahaan Traveloka, ketika diwawancarai pada tahun 2014 bahwa Pertumbuhan
bisnis Traveloka di semester I-2014 cukup stabil dan kami dapat melampaui
target pertumbuhan 15% yang kami tetapkan di awal 2014
Menurut dia, Traveloka.com
memulai penjualan tiket pesawat di April 2013 dan saat ini melayani rata-rata
250.000 kunjungan per hari. Bila dibandingkan dengan penjualan tiket di kuartal
kedua (April-Juni) 2013, jumlah penjualan tiket di kuartal kedua 2014 melonjak sebesar
544%.
Walaupun dari pernyataan di atas
tidak secara spesifik disebutkan besaran raupan uang yang dihasilkan, tetapi
kita mengetahui bahwa perusahaan traveloka mendapatkan keuntungan yang
signifikan setiap tahunnya.
Peranan TI di Traveloka
TI merupakan kunci dari traveloka
karena proses bisnis utama dari traveloka adalah pencarian dan reservasi tiket
pesawat yang dilakukan secara online melalui website traveloka.com. Seiring
berkembang dan meningkatnya penggunaan smartphone traveloka mulai meluncurkan
aplikasi mobilenya baik di Android maupun iOS sehingga memudahkan para pengguna
smartphone tanpa harus membuka browser dan mengakses website traveloka untuk
melakukan transaksi.
Kehadiran traveloka sendiri turut
merubah kebiasaan dari orang Indonesia dalam melakukan pembelian tiket pesawat
yang dulunya membeli di travel agent dan juga pemesanan kamar hotel yang
dulunya harus menelpon hotel untuk mengecek kamar hingga melakukan pemesanan,
sekarang dapat melakukan pembelian tiket dan melakukan reservasi kamar hotel
secara mandiri dimanapun dan kapanpun.
Tanpa adanya TI maka proses
bisnis dari traveloka sendiri tidak akan berjalan karena semuanya bergantung
dari transaksi yang terjadi secara online dengan memanfaatkan TI.
0 komentar:
Posting Komentar