PENGERTIAN :
Manusia
Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang paling
sempurna dibandingkan makhluk ciptaan Allah yang lain. Dikatakan paling
sempurna karena manusia dibekali akal sekaligus nafsu. Meskipun manusia
mempunyai nafsu tetapi yang paling berperan adalah akal. Akal ini bertujuan
untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, akal juga sebagai alat
untuk berfikir, berhitung, dan berkreasi sehingga kerja sama antara keduanya
sangat diperlukan dalam kehidupan manusia.
Sains
Sains merupakan bagian dari himpunan informasi yang termasuk
dalam pengetahuan alamiah, dan berisikan informasi yang memberikan gambaran
tentang struktur dari suatu sistem serta penjelasan tentang pola laku sistem
tersebut. Sistem yang dimaksud dapat berupa sistem alami maupun sistem yang
merupakan rekaan pemikiran manusia mengenai pola laku hubungan dalam tatanan
kehidupan bermasyarakat.
Kita dapat mempelajari sains dari alam semesta yang dimulai
dengan bertanya kepada alam atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang alam.
Dari pertanyaan itulah kemudian muncul sebuah hipotesis yang akan diajukan
secara empiris sehingga dari pengujian empiris tersebut diperoleh informasi
yang valid dan dapat dipercaya.
Sains dan hasilnya dapat dirasakan dalam semua aspek
kehidupan manusia. Untuk itu sains harus menjadi bagian internal dari sistem
pendidikan nasional supaya para siswa menjadi warga negara dan masyarakat yang
sadar akan pentingnya sains di era masa kini. Namun pada kenyataanya sains
tidak selamanya berjalan dengan baik dalam memberikan manfaat kepada umat
manusia, karena sains dapat berakibat buruk jika
dipersalahgunakan.
dipersalahgunakan.
Teknologi
Teknologi merupakan bagian dari himpunan informasi yang
termasuk dalam pengetahuan ilmiah yang berisikan informasi preskriptif mengenai
penciptaan sistem-sistem ciptaan tersebut. Penggunaan teknologi bertujuan untuk
memudahkan segala aktifitas yang berkaitan dengan efisien waktu dan tenaga.
Penciptaan teknologi ini didorong oleh ciri otomatisme dari
fenomena teknik kehidupan masa kini yang menginginkan segala sesuatu menjadi
lebih cepat dan mudah, sama dengan sains, penggunaan teknologi dan hasilnya
juga memberikan kontribusi yang besar dari kesejahteraan hidup manusia disegala
aspek kihidupan. Namun sayangnya sekarang ini tidak semua teknologi dapat
membantu pekerjaan manusia, justru adapula teknologi yang malah membantu
menjadi boomerang akibat salah dalam memanfaatkannya. Oleh karena itu dalam
memanfaatkan teknologi haruslah didasari dengan moral dan etika yang baik serta
tanggungjawab sosial yang beradab.
Contoh-contoh teknologi:
1. Teknologi komunikasi
Suatu sistem yang memungkinkan kita dapat berkomunikasi
dengan siapapun, kapanpun, dan dimanapun tidak terbatas pada tempat, jarak dan
waktu. Misal: internet, handphone, bairless, dll.
2. Teknologi informasi
Suatu sistem yang memudahkan kita untuk memperoleh berbagai
macam info yang dibutuhkan secara praktis dan dalam waktu yang relative
singkat. Misal: internet, tv.
3. Bioteknologi
Suatu teknologi yang mampu memanipulasi proses alami secara
dramatis. Misal: cloning pada hewan dan tumbuhan.
Seni
Banyak bidang disiplin ilmu kesenian telah menggunakan
teknologi digital dan komputer, sehingga garis batas antara hasil karya seni
tradisional/lama dan hasil olahan media dengan menggunakan komputer menjadi
sulit untuk dibedakan.
Sebagai contoh, banyak pelukis sekarang telah menggabungkan
cara melukis tradisional dengan cara seni algoritmis/berulang menggunakan
teknik pemrosesan gambar digital atau penyuntingan gambar digital.
Makna Sains dan Teknologi
Perbedaan utama antara negara maju dan negara berkembang
adalah kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemajuan yang pesat di bidang
ilmu pengetahuan dan teknologi di negara-negara maju karna didukung oleh sistem
informasi yang mapan. Sebaliknya, sistem informasi yang lemah di negara-negara
berkembang mengakibatkan keterbelakangan dalam penguasaan, ilmu pengetahuan,
dan teknologi. Jadi jelaslah bahwa maju atau tidaknya suatu negara sangat di
tentukan oleh penguasaan teirhadap informasi, karena informasi merupakan modal
utama dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan.teknologi yang menjadi senjata
pokok untuk membangun negara. Sehingga apabila satu negara ingin maju dan tetap
eksis dalam persaingan global, maka negara tersebut harus menguasai informasi.
Di era globalisasi dan informasi ini penguasaan terhadap
informasi tidak cukup harnya sekedar menguasai, diperlukan kecepatan dan
ketepatan. Sebab hampir tidak ada guna menguasai informasi yang telah usang,
padahal perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat
mengakibatkan usia informasi menjadi sangat pendek, dengan kata lain, informasi
lama akan diabaikan dengan adanya informasi yang lebih baru.
Masukan dan kontribusi langsung dari para pemegang peran
yang lain; siswa, orang tua dan anggota masyarakat juga memberikan informasi
yang sangat membantu dan meningkatkan dukungan masyarakat bagi pengembangan
sekolah. Jika obyektifitas utamanya adalah memaksimalkan pendidikan sumber daya
manusia maka hal itu telah meningkatkan hubungan komunikasi kita dengan seluruh
sektor lingkungan pendidikan dan para pemegang peran. Lagipula kunci utama
untuk meningkatkan komunikasi harus terfokus pada saling berbagi komunikasi
terbuka dan meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan dukungkan dari segala
bidang.
Kehidupan kita sekarang perlahan lahan mulai berubah dari
dulunya era industri berubah menjadi era informasi di balik pengaruh majunya
era globalisasi dan informatika menjadikan computer, internet dan pesatnya
perkembangan teknologi informasi sebagai bagian utama yang harus ada atau tidak
boleh kekurangan dikehidupan kita. Aktifitas network globalisasi ekonomi yang
disebabkan oleh kemajuan dari teknologi informasi bukan hanya mengubah pola
produktivitas ekonomi tetapi juga meningkatkan tingkat produktivitas;dan
pada saat bersamaan juga menyebabkan perubahan structural dalam kehidupan
politik, kebudayaan, kehidupan sosial masyarakat dan juga konsep waktu dalam
dalam berbagai lapisan masyarakat.
Dalam globalisasi ekonomi, perekonomian dunia tidak akan
lagi mengenal batas-batas negara dan bahkan peranan negara diramalkan akan
semakin berkurang. Arus globalisasi ekonomi dipercepat oleh kemajuan teknologi
yang makin pesat khususnya di bidang transportasi, telekomunikasi dan informasi
yang memungkan arus orang, barang, jasa, dan informasi bergerak dengan lebih
cepat, dalam jumlah yang semakin besar, dengan kualitas yang semakin baik, dan
dengan biaya yang semakin murah. Persaingan antar bangsa dalam memproduksi
barang dan jasa akan semakin kuat dan ketat. Kemajuan teknologi itu pulalah
yang akan makin mempercepat proses globalisasi di berbagai bidang kehidupan
manusia. Dengan demikian, maka penguasaan iptek dari suatu bangsa yang akan
menentukan keberhasilan bangsa itu menghadapi globalisasi dalam bidang ekonomi
dan bidang kehidupan lainnya.
Dampak Sains dan Teknologi
Baik sains, teknologi
dan hasil produknya dapat dirasakan disetiap aspek kehidupan manusia.
Sehingga pengaruh sains dan teknologi bagi manusia dalam masyarakat dapat
berpengaruh baik secara negatif maupun secara positif.
Pengaruh positif terdiri dari :
1. Meningkatkan
kesejahteraan hidup manusia (secara individu maupun kelompok) terhadap
perkembangan ekonomi, politik, militer, dan pemikiran-pemikiran dalam bidang
sosial budaya.
2. Pemanfaatan
sains dan teknologi secara tepat dapat lebih mempermudah proses pemecahan
berbagai masalah yang dihadapi oleh manusia.
3. Sains dan
teknologi dapat memberikan suatu inspirasi tentang perkembangan suatu
kebudayaan yang ada di Indonesia.
Pengaruh negatif terdiri dari :
Selain untuk memberikan pengaruh positif sains dan teknologi
juga dapat memberikan pengaruh yang negatif bagi perubahan peradaban manusia.
Pemanfaatan dari sains dan teknologi, sering kali menimbulkan masalah baru
dalam kehidupan manusia terutama dalam hal kerusakan lingkungan, mental dan budaya
bangsa, seperti:
a. Menipisnya
lapisan ozon
b. Terjadi polusi
udara, air dan tanah
c. Terjadi
pemanasan global
d. Rusaknya
ekosistem laut
e. Iptek
dikembangkan untuk memenuhi kesenangan-kesenangan materi. Menjamurnya produk-produk
mainan (contoh: game online)
f. Kemajuan
teknologi yang serba praktis serta budaya asing yang berpengaruh dominan
terhadap satuan budaya asli bisa membangkitkan kesan sebagai ‘model’ untuk
ditiru. Kecenderungan meniru itu dalam kelanjutannya bisa terpantul melalui
berkembangnya gayahidup yang dianggap
superior dibandingkan dengan gaya hidup lama.
0 komentar:
Posting Komentar